TUNIK (Pembelajaran Bermutu dan Unik)

 

🙌

Assalamu’alaikum

Perkenalkan nama saya Dwi Daryati, saya mengajar di kelas 1 A. Hari ini saya akan mengajar matematika dengan tema “mengenal angka dari angka 20-100”. Tapi sebelum pembelajaran dimulai, anak-anak terlebih dahulu berdoa, menyanyikan lagu nasional, menyanyikan lagu profil pelajar Pancasila, menyanyikan lagu daerah serta membaca sila-sila Pancasila dipimpin oleh masing-masing anak.

Setelah itu, saya melakukan presensi, menanyakan kabar serta memberikan kontrak belajar dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Anak-anak menyiapkan perlengkapannya diatas meja seperti aneka warna kertas lipat beserta lem dan gunting. Sebagai permulaan, siswa diminta menyebutkan warna-warna kertas lipat yang telah mereka bawa.

Kemudian saya mengajak para siswa berhitung dari angka 20-100. Lalu meminta mereka siapa yang berani untuk menyebutkan angka-angka tersebut. Mereka berlomba-lomba mengacungkan jari mereka untuk menyebutkan angka-angka tersebut.  💗

Setelah itu, mereka saya minta untuk menuliskan angka bebas, dari angka 20-100 pada kertas lipat yang telah mereka bawa. Masing-masing anak menuliskan angka yang mereka ingin tuliskan. Ada yang menuliskan angka 20, 36, 49, 50, bahkan 100. Sesuka hati mereka angka berapa yang ingin mereka tuliskan.

Setelah mereka selesai menuliskan angka-angka tersebut, lalu saya meminta mereka untuk mempresentasikan angka-angka yang mereka tuliskan di kertas lipat mereka ke depan kelas. Mereka menyebutkan angka-angka tersebut, akan tetapi sebelumnya mereka menyebutkan warna-warna kertas lipat mereka.

setiap siswa yang berani mempresentasikan hasil pekerjaan mereka, mendapatkan tepuk salut dari teman-teman yang lain.

Komentar